Logo Bloomberg Technoz

Agus Subiyanto Beberkan Visi Misinya Bila Jadi Panglima TNI

Mis Fransiska Dewi
13 November 2023 12:20

Jenderal TNI Agus Subiyanto (tniad.mil.id)
Jenderal TNI Agus Subiyanto (tniad.mil.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - KSAD yang juga calon tunggal Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menyampaikan visi dan misinya di depan Komisi I DPR. Hal itu sebagai bagian dari fit and proper test 'uji kepatutan dan kelayakan' calon panglima karena nama Agus Subiyanto diajukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke DPR.

Dalam paparannya selama 30 menit di Komisi I, KSAD Agus Subiyanto menjelaskan bahwa visinya bisa disingkat dengan akronim PRIMA yakni TNI yang Profesional, Responsif, Integratif, Modern dan Adaptif (PRIMA). 

"Dalam membangun institusi TNI yang memiliki daya tahan dan daya gempur guna mengatasi segala bentuk ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang akan membahayakan integritas bangsa dan negara," kata Agus Subiyanto di ruang Komisi I, Senayan, Jakarta, Senin (13/11/2023).

Untuk mewujudkan visinya itu kata dia, ada beberapa hal yang menjadi misinya jika lolos menjadi Panglima TNI menggantikan Yudo Margono. Lima hal yang menjadi misi tersebut adalah sebagai berikut:

Pertama, memelihara dan memantapkan profesionalisme TNI sebagai alat pertahanan negara
Kedua, meningkatkan kemampuan yang responsif dalam menghadapi perkembangan linkungan straegis
Ketiga, memantapkan kemampuan TNI yang integratif serta bersinergi dengan Kepolisian, kementerian dan lembaga dan komponen bangsa lainnya
Keempat, mewujudkan percepatan modernisasi alutsista sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi 
Kelima, Mewujudkan TNI yang adaptif terhadap tuntutan tugas dan spektrum ancaman.