Logo Bloomberg Technoz

Grab Pecah Telor, Catat Profit Pertama dalam 10 Tahun

News
10 November 2023 09:13

GrabFood. (Dok: Bloomberg)
GrabFood. (Dok: Bloomberg)

Olivia Poh - Bloomberg News

Bloomberg, Grab Holdings Ltd. membukukan laba yang disesuaikan pertama kali, sebuah milestone bagi perusahaan ride-hailing dan pesan-antar makanan Asia Tenggara yang telah berusia satu dekade ini. Grab berupaya meyakinkan investor mengenai potensi pendapatannya.

Saham Grab naik 3,1% di Wall Street dan merupakan yang kenaikan tertinggi sejak 23 Agustus. Kenaikan terjadi setelah Grab meraih EBITDA yang disesuaikan (adjusted EBITDA) mencapai US$29 juta (Rp455 miliar) pada kuartal III-2023. Analis memperkirakan rata-rata US$9,5 juta.

Perusahaan yang bermarkas di Singapura ini telah berekspansi dengan cepat ke seluruh Asia Tenggara sejak didirikan pada tahun 2012. Hal ini mengakibatkan kerugian yang semakin besar karena perusahaan berusaha mengakuisisi driver dan pengguna di tengah persaingan yang ketat dari para pesaingnya seperti GoTo Group dan Sea Ltd. Melambatnya pertumbuhan telah mendorong Grab untuk fokus pada profitabilitas dan pengendalian biaya. Pada bulan Juni perusahaan tersebut mengatakan aka memangkas lebih dari 1.000 orang.

“Tren di segmen mobilitas dan pengiriman Grab menunjukkan tanda-tanda perbaikan yang jelas,” kata Mark Mahaney, analis di Evercore ISI, dalam sebuah catatan. “Percepatan lebih lanjut” diharapkan terjadi pada kuartal ini, katanya.