Logo Bloomberg Technoz

Hyundai Tertarik Garap Taksi Terbang di IKN, Bakal Ajukan Lisensi

Dovana Hasiana
09 November 2023 18:40

Hyundai (Sumber: Bloomberg)
Hyundai (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan kerja sama riset dengan Hyundai Motor Corporations untuk menggelar layanan taksi terbang atau sky taxi di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kerja sama yang dilakukan masih sebatas pengembangan riset dan konsep-konsep dari taksi terbang. Kendati demikian, Bambang mengatakan hal ini penting untuk dilakukan supaya terdapat landasan riset yang sesuai, sehingga tidak asal melakukan transfer teknologi.

Nantinya, investasi yang dilakukan oleh Hyundai Motor Corporations diwujudkan dalam bentuk pusat studi (research center).

“Jadi pusat risetnya untuk menimbulkan animo buat anak-anak kita, orang-orang kita untuk juga cari terobosan. Jangan-jangan nanti ada made in Indonesia, who knows ya. Dan kita enggak akan cuma sama satu provider, sama yang lain pun kita terbuka. Kebetulan ada dengan Hyundai yang sudah teken,” ujar Bambang saat ditemui di sela-sela kegiatan Digital Creative Leadership Forum, Kamis (9/11/2023).

Bila nantinya tahapan riset dan pengembangan konsep telah selesai, Bambang mengatakan, tentu akan mengajukan lisensi. Hal ini sesuai dengan arahan Indonesia National Air Carriers Association (INACA) yang mendorong operator dari taksi terbang di IKN untuk mengurus izin dan sertifikasi terlebih dahulu ke Kementerian Perhubungan.