Logo Bloomberg Technoz

Kepala IKN Tepis Bahlil soal Pemerintah Rem Investasi Asing

Dovana Hasiana
09 November 2023 14:10

Progres pembangunan ragam fasilitas di IKN Nusantara. (Dok: Bloomberg)
Progres pembangunan ragam fasilitas di IKN Nusantara. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono menepis pernyataan Menteri Investasi/BKPM Bahlil Lahadalia yang mengatakan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) masih difokuskan untuk Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN). 

Bambang mengakui saat ini proyek IKN yang berjalan 100% memang masih berasal dari PMDN. Namun, kata dia, bukan berarti pihaknya melakukan pembatasan terhadap investasi asing khususnya dalam bentuk Penanaman Modal Asing (PMA). 

Menurutnya, PMDN masih mendominasi karena adanya kemudahan bagi para investor dalam negeri untuk mengecek langsung kondisi IKN secara berkala karena faktor geografis. Selain itu, investor dalam negeri juga dianggap memiliki pemahaman mengenai cara-cara mengatasi risiko yang ada dalam dunia bisnis Indonesia.

“Sebetulnya Pak Bahlil juga membuka kesempatan untuk yang asing. Asing dan domestik. Tidak berarti bahwa yang asing ini tidak, (tapi) berproses, mereka berproses juga,” ujar Bambang saat ditemui di sela-sela kegiatan Digital Creative Leadership Forum, di Kempinski Grand Ballroom, Jakarta Pusat, Kamis (9/11/2023). 

“Butuh waktu yang lebih karena dalam membuat satu studi kelayakan, mereka kan (tidak segampang domestik). Kalau domestik kan gampang tuh. Ke (IKN) bisa sebulan berapa kali untuk melihat situasi topografi seperti apa, airnya dari mana, listriknya gimana, dan seterusnya,” lanjutnya.