Logo Bloomberg Technoz

Dua Investor Asing Mulai Groundbreaking Hunian di IKN Awal 2024

Dovana Hasiana
09 November 2023 16:00

Pembangunan rumah pegawai pemerintah di ibu kota negara baru Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara,Kamis (21/9/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)
Pembangunan rumah pegawai pemerintah di ibu kota negara baru Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara,Kamis (21/9/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono mengatakan, sedikitnya dua penanaman modal asing (PMA) akan merealisasikan investasi dalam bentuk groundbreaking dalam sektor hunian pada kuartal pertama 2024. 

“Insyaallah ada 1-2 yang akan (groundbreaking). PMA (pada) Kuartal 1 2024 karena mereka berproses ya, namanya asing itu kadang-kadang lebih njelimet ya. Paling tidak hunian” ujar Bambang saat ditemui di sela-sela kegiatan Digital Creative Leadership Forum, di Kempinski Grand Ballroom, Jakarta Pusat, Kamis (9/11/2023). 

“(Realisasi PMA) termasuk KPBU. KPBU kan termasuk juga PMA, perusahaan asing nanti kerja sama dengan perusahaan lokal di Indonesia untuk membangun berbagai macam fasilitas,” lanjutnya.

Selain itu, Bambang mengatakan terdapat banyak investor asing yang telah menyampaikan minat melalui Letter of Intent (LoI). Bambang tidak menyebutkan jumlah pastinya, namun memastikan bahwa saat ini terdapat sekitar 320 LoI yang telah diterima baik dari swasta dalam negeri maupun asing.

Dirinya juga menepis pernyataan Menteri Investasi/BKPM Bahlil Lahadalia yang mengatakan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) masih difokuskan untuk Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN).