Logo Bloomberg Technoz

Arab Saudi Kutuk Menteri Israel Usai Ancam Bom Nuklir Gaza

News
06 November 2023 12:00

Pasukan darat Israel saat perlawanan dengan Hamas. (Dok: Bloomberg)
Pasukan darat Israel saat perlawanan dengan Hamas. (Dok: Bloomberg)

Galit Altstein - Bloomberg News

Bloomberg, Arab Saudi mengkritik keputusan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu yang hanya menjatuhkan sanksi penon-aktifan Menteri Amichai Eliyahu dari rapat kabinet usai mengeluarkan pernyataan tentang penggunaan bom atom ke Jalur Gaza.

Amichai Eliyahu mengeluarkan pernyataan kontroversial tersebut ketika menjawab pertanyaan tentang teori serangan nuklir dalam wawancara dengan stasiun radio Kol Barama pada Minggu (5/11/2023). "Itu adalah salah satu cara yang harus dilakukan," ujarnya.

Dalam pernyataannya, Netanyahu mengatakan omongan Eliyahu "tidak sesuai dengan kenyataan." Dia menambahkan, Israel dan pasukan pertahanannya "bertindak sesuai dengan standar tertinggi hukum internasional untuk mencegah dampak pada orang-orang yang tidak terlibat, dan kami akan terus melakukannya sampai mencapai kemenangan."

Meskipun mendapat teguran keras, komentar Eliyahu berisiko memperdalam perpecahan dengan negara-negara Arab. Juga menyoroti bagaimana komentar yang sangat sensitif mempersulit upaya meredakan ketegangan dan deeskalasi konflik.