Logo Bloomberg Technoz

Hassan Nasrallah, Pemimpin Hizbullah yang Ancam Serang Israel

Redaksi
04 November 2023 14:30

Pendukung menyaksikan siaran pidato Hassan Nasrallah, pemimpin Hizbullah di Beirut, Lebanon, Jumat (3/11/2023). (Francesca Volpi/Bloomberg)
Pendukung menyaksikan siaran pidato Hassan Nasrallah, pemimpin Hizbullah di Beirut, Lebanon, Jumat (3/11/2023). (Francesca Volpi/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Lebanon kini dalam situasi genting menjelang pidato yang diantisipasi oleh pemimpin Hizbullah, Syed Hassan Nasrallah mengenai perang Israel di Gaza. Tapi siapa sebenarnya Hassan Nasrallah?

Seperti yang dilansir dari Al Jazeera, Hassan Nasrallah lahir pada tahun 1960 di Beirut Timur. Sejak kecil ia digambarkan sebagai murid luar biasa yang mengabdi pada ajaran Islam.

Pada tahun 1975, perang saudara di Lebanon memaksa keluarganya untuk kembali ke rumah leluhur mereka di desa Bazzouriyeh di Lebanon Selatan. Di sana Nasrallah yang baru berusia 15 tahun bergabung dengan gerakan Amal, sebuah organisasi politik dan paramiliter yang mewakili syiah di Lebanon. 

Pada tahun 1978, Nasrallah dan ulama serta mahasiswa Syiah lainnya yang dianggap ‘radikal’ oleh pemerintah Baath terpaksa meninggalkan Irak dan kembali ke Lebanon.

Hassan Nasrallah during a discussion with officials from supreme leader of Iran Ali Khamenei’s office. (Sumber: Khamenei.ir)

Lalu pada 1982, setelah invasi Israel, Nasrallah mengikuti Musawi keluar dari Amal dan masuk ke dalam organisasi bernama Hizbullah. Hizbullah merupakan organisasi yang didukung oleh Iran.