Logo Bloomberg Technoz

Gandeng Argus, RI Segera Punya Indeks Harga Nikel Sendiri

Sultan Ibnu Affan
01 November 2023 17:25

Briket nikel. (Philip Gostelow/Bloomberg)
Briket nikel. (Philip Gostelow/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Lembaga penyedia tolok ukur harga energi dan komoditas independen global, Argus Media, resmi bekerja sama dengan PT Indeks Komoditas Indonesia (PT IKI) untuk segera meluncurkan harga nikel acuan, termasuk nikel kelas II, sebagai bagian dari seri Indeks Nikel Indonesia (INI).

Chairman dan Chief Executive Argus Media Adrian Binks mengatakan rencana itu dilakukan setelah perusahaan berkomunikasi intensif dengan para pelaku pasar, atau industri pertambangan nikel di Indonesia.

"Kami senang dapat bermitra dengan PT IKI untuk menghadirkan transparansi yang lebih besar di pasar nikel global dan mengatasi perbedaan yang makin meningkat antara harga nikel Kelas I dan Kelas II," ujar Adrian dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (1/11/2023).

Meski tidak mendetailkan berapa kisaran harga acuan tersebut, Adrian menyebut nantinya sususan Indeks Nikel Indonesia itu akan tetap mengakomodasi masukan dari pelaku pasar, bersamaan dengan metodologi perusahaan.

Sementara itu, Chief Executive PT IKI Maydin Sipayung mengatakan rencana ini merupakan upaya respons pelaku pasar yang kini lebih melirik jenis nikel kelas II.