Logo Bloomberg Technoz

Saat ini, kata dia, rata-rata harga batu bara Indonesian Coal Price Index (ICI) 3 saat ini telah terkoreksi sekitar 33% dari US$128,5/ton pada Januari-September 2022 menjadi US$86,3 per ton pada Januari-September 2023.  

Di sisi lain, Harga Pokok Penjualan mengalami kenaikan, di antaranya pada komponen biaya royalti, angkutan kereta api, dan jasa penambangan. 

Adapun Pada Senin (30/10/2023), harga batu bara di pasar ICE Newcastle ditutup di US$ 131/ons. Anjlok 3,11% dibandingkan penutupan perdagangan akhir pekan lalu sekaligus jadi yang terendah sejak pertengahan Juli.

Dalam sebulan terakhir, harga batu bara sudah anjlok 15,21% secara point-to-point. Sepanjang tahun ini, koreksinya mencapai 66,69%.

Sebelumnya, pada awal Juli lalu,  Direktur Pembinaan Pengusahaan Batubara Kementerian ESDM Lana Saria mengatakan proses pembentukan MIP batu bara sudah mendekati final.

“Pokoknya tinggal sedikit lagi. Masalah PPN sudah selesai,” katanya ketika ditemui di Kantor Kementerian ESDM.

Namun, hal itu tersebdnat lantaran perusahaan batu bara meminta untuk merombak kembali nilai harga batu bara acuan (HBA). 

Staf Khusus Kementerian ESDM Bidang Sumber Daya Mineral Irwandy Arif mengatakan, pengusaha meminta agar formula perumusan HBA batu bara menggunakan harga indeks per satu bulanan, alih-alih dua bulanan seperti yang berlaku selama ini.

Adapun, sebesar 25% dari formula penetapan HBA sebelumnya mengacu pada harga di empat indeks yaitu Indonesia Coal Index (ICI), Newcastle Export Index (NEX), Globalcoal Newcastle Index (GCNC), dan Platts.

Nantinya, pungutan dari MIP akan digunakan untuk menutup selisih harga jual batu bara dalam negeri bagi perusahaan yang melakukan kewajiban DMO atau domestic market obligation.

(ibn/ain)

No more pages