Logo Bloomberg Technoz

Pemerintah Bakal Tambah Insentif Fiskal Produsen Mobil Listrik

Sultan Ibnu Affan
25 October 2023 19:10

Ilustrasi mobil listrik (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi mobil listrik (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) membuka peluang untuk kembali memberikan insentif kepada produsen mobil listrik atau Electric Vehicle (EV) yang ingin membangun pabrik di Indonesia.

Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves Rachmat Kaimuddin mengatakan, hal itu ditujukan untuk terus memberi kemudahan bagi produsen, sekaligus mengurangi emisi karbon.

"Kita lagi coba bikin policy untuk insentif fiskal supaya pabrik-pabrik yang ingin membuka di indonesia itu dapat insentif lah," ujar Rachmat di sela BNI Investor Daily Summit 2023, Rabu (25/10/2023).

Meski tak mengelaborasi rencana insetif tambahan tersebut, Rachmat menambahkan, hal itu sebagai upaya mendongkrak suplai kendaraan listrik di tanah air.

Dia lantas memberi contoh Thailand pada tahun lalu telah merilis kebijakan yang menarik pabrikan kendaraan listrik, seperti BYD. Hal itu membuat market share EV di Negeri Gajah Putih meroket dari 2% menjadi sekitar 8%-9%.