Logo Bloomberg Technoz

Kementan Ingatkan Kebutuhan Bawang Putih 650 Ribu Ton/Tahun

Dovana Hasiana
25 October 2023 16:40

Pekerja mengangkat karung bawang putih di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Senin (29/5/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Pekerja mengangkat karung bawang putih di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Senin (29/5/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) mengklaim telah menerbitkan Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) untuk memenuhi kebutuhan nasional bawang putih yang berkisar 600-650 ribu ton per tahun.

RIPH adalah rekomendasi teknis yang dikeluarkan oleh Kementan melalui Direktorat Jenderal Hortikultura sebelum proses perizinan impor komoditas hortikultura diterbitkan untuk pelaku usaha importir. 

Dirjen Hortikultura, Prihasto Setyanto tidak menyebut jumlah RIPH yang telah diterbitkan oleh Kementan, namun dia memastikan jumlahnya melampaui kebutuhan bawang putih per tahun. Sebab, kapasitas Kementan adalah memberikan rekomendasi berdasarkan penerapan sistem budidaya yang baik. Nantinya, Kementerian Perdagangan yang memiliki kapasitas untuk mengizinkan impor melalui penerbitan Surat Persetujuan Impor (SPI). 

Dirjen Hortikultura, Prihasto Setyanto. (Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana)

“Banyak (yang sudah direkomendasikan), kita memberi rekomendasi (berdasarkan) yang sesuai (dan) yang cocok. Ini yang secara penerapan sistem budidaya yang baik di lapangan, yang sudah melaksanakan proses budidaya yang baik, yang tanamannya berkualitas,” ujar Prihasto saat ditemui di Kantor Kementerian Pertanian, Rabu (25/10/2023). 

“Tapi kan ini kita harus melihat persyaratan dokumen teknis dan administrasinya yang benar. Kita tidak boleh sembarangan,” lanjutnya.