Logo Bloomberg Technoz

Tiru Resep Hilirisasi RI, Nigeria Batasi Ekspor Mineral Mentah

News
24 October 2023 14:50

Ilustrasi Nikel (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Nikel (Sumber: Bloomberg)

Ruth Olurounbi dan Nduka Orjinmo - Bloomberg News

Bloomberg, Meniru resep penghiliran ala Indonesia, Nigeria berencana memperketat peraturan untuk mengurangi ekspor mineral mentah dan mendorong penjualan produk olahan, demi menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan nilai ekspornya.

“Anda tidak dapat mengambil mineral kami tanpa memberikan nilai tambah secara lokal,” kata Dele Alake, Menteri Mineral Padat Nigeria, dalam sebuah wawancara. “Artinya, Anda harus memulai sebuah pabrik untuk memproduksi sesuatu yang berhubungan dengan mineral yang Anda ambil keluar."

Nigeria memiliki simpanan litium, emas, bitumen, dan bijih besi dan bermaksud untuk meniru negara-negara seperti Indonesia dalam meningkatkan rantai nilai komoditas dan meningkatkan lapangan kerja. Nilai ekspor nikel Indonesia melonjak sepuluh kali lipat dalam lima tahun setelah memaksa pembeli untuk mendirikan smelter di negara tersebut.

Adapun, Nigeria merupakan produsen minyak mentah terbesar di Afrika yang mengandalkan cadangan mineralnya untuk menyediakan sumber pendapatan alternatif seiring dengan berkurangnya produksi minyak.