Logo Bloomberg Technoz

WHO Ungkap Peluang Penggunaan AI di Dunia Kesehatan

Septiana Ledysia
20 October 2023 08:15

Logo World Health Organization (WHO). ( Stefan Wermuth/Bloomberg)
Logo World Health Organization (WHO). ( Stefan Wermuth/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merilis publikasi baru terkait pertimbangkan penggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk kesehatan. 

Dalam siaran pers yang diunggah di website resmi WHO, Jumat (20/10/2023), organisasi kesehatan dunia itu mengakui AI memiliki potensi dalam meningkatkan hasil kesehatan dengan memperkuat uji klinis, meningkatkan diagnosis medis, perawatan diri dan perawatan yang berpusat pada orang dan menambah pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi profesional perawatan kesehatan. 

Misalnya, AI dapat bermanfaat dalam situasi saat kekurangan spesialis medis. Misalnya, dalam menafsirkan pemindaian retina dan gambar radiologi di antara banyak lainnya. 

“Kecerdasan buatan sangat menjanjikan bagi kesehatan, namun juga memiliki tantangan serius, termasuk pengumpulan data yang tidak etis, ancaman keamanan siber, dan memperkuat bias atau misinformasi,” kata Direktur Jenderal WHO, Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Memang harus ditekankan pentingnya membangun keamanan dan efektivitas sistem AI, dengan cepat menyediakan sistem yang tepat bagi mereka yang membutuhkannya, dan mendorong dialog antar pemangku kepentingan, termasuk pengembang, regulator, produsen, petugas kesehatan, dan pasien.