Logo Bloomberg Technoz

Estonia Ingin Eropa Patungan 64.7 T untuk Amunisi Ukraina

News
17 February 2023 09:18

Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy, Presiden Dewan Eropa, Charles Michel. (Valeria Mongelli/Bloomberg)
Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy, Presiden Dewan Eropa, Charles Michel. (Valeria Mongelli/Bloomberg)

Natalia Drozdiak dan Alberto Nardelli - Bloomberg News

Bloomberg, Negara-negara Uni Eropa disarankan untuk patungan sekitar 4 miliar euro (Rp 64.7 triliun) untuk 1 juta butir amunisi yang diperlukan untuk Ukraina tahun ini untuk mengalahkan invasi Rusia, menurut proposal oleh Estonia yang dikirim ke negara-negara anggota blok tersebut.

Dalam makalah Estonia yang dilihat oleh Bloomberg itu, mereka mengukur jumlah amunisi yang ditembakkan Rusia ke Ukraina setiap harinya dapat diproduksi Eropa dalam sebulan. Eropa juga sangat perlu meningkatkan kapasitas industri pertahanannya untuk membantu militer Ukraina.

“Kita harus melakukan upaya luar biasa menuju pengambilan keputusan yang cepat dan implementasi inisiatif sesegera mungkin pada 2023. Inilah yang dibutuhkan untuk parahnya situasi di Ukraina,” tulis Estonia dalam dokumen itu.

Adapun dinyatakan bahwa rencana tersebut akan memungkinkan industri Eropa untuk meningkatkan kapasitasnya sebanyak tujuh kali lipat dan memproduksi 1 juta peluru 155mm untuk Ukraina selama enam bulan ke depan menyusul upaya Kyiv menangkis potensi serangan skala besar oleh Rusia.

Rudal Rusia diduga hantam apartemen warga di Kharkiv (Sumber: Twitter Kementerian Pertahanan Ukraina)

Artikel Terkait