Logo Bloomberg Technoz

Alasan Medco Desak Kenaikan Harga Gas Blok Corridor

Sultan Ibnu Affan
13 October 2023 16:00

Hilmi Panigoro dalam acara Mandiri Investment Forum 2023. (Youtube 12thMIF2023)
Hilmi Panigoro dalam acara Mandiri Investment Forum 2023. (Youtube 12thMIF2023)

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT Medco Energy Internasional Tbk. (MEDC) menjanjikan tetap akan menggenjot produksi gas di hulu, meski berencana mengusulkan kenaikan harga dan alokasi volume gas dari Blok Corridor, Sumatra Selatan.

Sebagai operator di blok tersebut, Medco memang berencana mengajukan penyesuaian harga gas hulu lantaran lapangan eksplorasi telah memasuki masa tua atau mature.

Dalam kaitan itu, Direktur Utama Medco Hilmi Panigoro mengatakan gas bukan hanya berperan sebagai pembantu penerimaan devisa, melainkan juga mesin penggerak utama untuk industri.

"Makanya kami harus menyesuaikan harga," ujar Hilmi saat ditemui di sela acara TRIPATRA: Engineering Sustainable Summit, Jumat (13/10/2023). Dia tidak mengelaborasi berapa kenaikan harga yang diusulkan oleh Medco.

Hilmi pun tidak menampik jika kondisi lapangan yang mature tersebut bakal memengaruhi produksi operator di hulu. Produksi gas di blok tersebut dilaporkan mencapai sekitar 500 MMSCFD pada 2022, sedangkan tahun ini target produksinya turun menjadi 400 MMSCFD.