Logo Bloomberg Technoz

SKK Migas: Cadangan Gas Baru di North Ganal untuk Kilang Bontang

Sultan Ibnu Affan
12 October 2023 19:30

Ilustrasi ladang gas bumi di laut lepas. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi ladang gas bumi di laut lepas. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengatakan cadangan gas di wilayah kerja (WK) North Ganal, Kalimantan Timur, yang ditemukan oleh  perusahaan Minyak dan Gas (migas) asal Italia, Eni, diproyeksikan dapat meningkatkan kapasitas operasi fasilitas pengolahan LNG di Bontang.

Kilang LNG Bontang sendiri saat ini dikelola oleh PT Badak LNG.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan, temuan gas di North Ganal itu akan dikoneksikan dengan proyek Indonesia Deepwater Development (IDD), serta produksi gas Eni dari lapangan Jangkrik, yang juga dilarikan ke Bontang.

"Nanti akan connect ke Jangkrik, nanti juga IDD ada tiga lapangan, dua lapangan di selatan akan connect ke Jangkrik untuk memperpanjang umur Jangkrik. Yang utara, termasuk Ganal North dan Rapak akan di-connect," ujar Dwi saat ditemui di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (12/10/2023).

Selain itu, Dwi menambahkan saat ini pada Kilang Bontang terdapat dua train yang telah beroperasi. Namun, jika rencana itu berjalan lancar, maka kemungkinan ada tambahan train. "Tunggu satu tahun lagi untuk jalan."