Logo Bloomberg Technoz

Daftar Lengkap Penerbangan dari Bandara Kertajati Per 29 Oktober

Dovana Hasiana
12 October 2023 09:20

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka. (Tangkapan Layar Via Instagram @infobijb)
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka. (Tangkapan Layar Via Instagram @infobijb)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan akan mengalihkan pengoperasian penerbangan dari Bandar Udara Husein Sastranegara (BDO) ke Bandara Kertajati (KJT) di Majalengka per Minggu (29/10/2023). 

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bandara Kertajati akan beroperasi penuh mulai Oktober 2023, sehingga penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara akan digeser ke Bandara Kertajati,  utamanya untuk pesawat jet.

"Kami berharap, agar proses pengalihan operasional penerbangan yang sudah menjadi mandat dari Bapak Presiden, dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Sehingga nantinya dapat mendukung perekonomian dan pariwisata daerah Jawa Barat," ujar  Direktur Jenderal Perhubungan Udara M Kristi Endah Murni, Rabu (11/10/2023). 

Dengan demikian, penerbangan berjadwal dari/ke Bandara Husein Sastranegara dengan menggunakan pesawat jet akan berakhir pada Sabtu, (28/10/2023), sehingga Bandara Husein hanya melayani penerbangan berjadwal dalam negeri dengan pesawat jenis propeller untuk rute intra-Jawa seperti dari/ke Bandar udara Adisutjipto (JOG) oleh Wings Air menggunakan pesawat ATR72-600.

Adapun rute penerbangan yang dialihkan ke Bandara Kertajati merupakan rute yang saat ini dilayani oleh Bandara Husein dengan pesawat Jet seperti :
1. Balikpapan (BPN)
2. Banjarmasin (BDJ)
3. Batam (BTH)
4. Denpasar (DPS)
5. Makassar (UPG)
6. Medan (KNO)
7. Palembang (PLM)