Logo Bloomberg Technoz

Insentif Fiskal Bikin SMI Terkenang Pertama Kali Bertemu Jokowi

Dovana Hasiana
04 October 2023 01:00

Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Dok: Kementerian Keuangan)
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Dok: Kementerian Keuangan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menceritakan momen pertama kali dia bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pada saat itu, Sri Mulyani alias SMI masih menjabat sebagai Menteri Keuangan di pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Sementara Jokowi saat itu masih menjabat sebagai Wali Kota Solo yang daerahnya mendapatkan insentif fiskal. 

Momen tersebut kembali terkenang saat Kementerian Keuangan akan memberikan penghargaan insentif fiskal kepada daerah-daerah berkinerja baik di Indonesia.

“Kita mendesain DID (Dana Insentif Daerah) ini yang menjadi insentif fiskal karena memang (dapat) feedback dari banyak (pihak), yang saya ingat feedback dari Presiden Jokowi. Kan Presiden Jokowi waktu pertama kali ketemu sama saya (mengatakan) ‘Saya ketemu sama bu Menteri Keuangan tahun 2006 waktu saya mendapatkan insentif fiskal sebagai Wali Kota Solo,” kata Sri Mulyani saat memberikan penghargaan kepada daerah penerima alokasi insentif fiskal tahun berjalan, di Kantor Kemenkeu, Selasa (3/10/2023).

Sri Mulyani mengatakan, pada saat itu Jokowi merupakan salah satu Wali Kota yang memiliki kinerja mumpuni, kinerja itulah yang dianggap bisa mengantarkan Jokowi menjadi Presiden Indonesia saat ini.