Logo Bloomberg Technoz

Bloomberg Technoz Ecofest

Moeldoko: Negara Barat yang Babat Sumber Oksigen, Sekarang Panik

Dovana Hasiana
28 September 2023 11:15

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko dalam acara Bloomberg Technoz Ecofest di Jakarta, Rabu (27/9/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko dalam acara Bloomberg Technoz Ecofest di Jakarta, Rabu (27/9/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, menyentil negara Barat ihwal isu ekonomi hijau. Dia berpendapat negara-negara maju yang dahulu membabat habis hutan untuk kegiatan industri, justru sekarang ‘panik’ dan menggembar-gemborkan isu ekonomi hijau.

Moeldoko juga menganggap seruan ekonomi hijau yang dilakukan oleh negara-negara Barat masih sebatas retorika tanpa aksi nyata.

“Dahulu orang Barat menghabiskan hutannya untuk membangun industri diam saja, sekarang industri dia terganggu kepentingan dia karena emisi,” ujar Moeldoko dalam kegiatan Bloomberg Technoz Ecofest, Rabu (27/9/2023).

“Sekarang kita balik, jangan ngomong doang dong mari kita pikirkan bersama, jangan hanya retorika,” lanjutnya.

Menurutnya, Indonesia telah memiliki landasan sebagai langkah awal untuk penekanan emisi pada kegiatan ekonomi yang termaktub dalam Peraturan Presiden No. 98/2021 tentang Penyelenggaraan Nilai Ekonomi Karbon untuk Pencapaian Target Kontribusi yang Ditetapkan Secara Nasional dan Pengendalian Emisi Gas Rumah Kaca dalam Pembangunan Nasional.