Logo Bloomberg Technoz

Cetuskan AIS Forum, Luhut Pamer Indonesia jadi Negara Donatur

Pramesti Regita Cindy
25 September 2023 20:20

Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan. (Bloomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)
Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan. (Bloomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Indonesia menjadi salah satu dari 21 negara inisiator terbentuknya Archipelagic and Island States atau AIS Forum pada 2018. Hingga kini, AIS Forum sudah memiliki 51 negara anggota yang akan hadir di Bali, 11 Oktober 2023.

AIS Forum, kata dia, adalah sebuah wadah kerjasama antarnegara pulau dan kepulauan sedunia. Forum ini menjadi gerakan bersama untuk mengatasi sejumlah permasalahan global, khususnya pembangunan kelautan. 

Beberapa negara anggota AIS Forum adalah Bahama, Barbados, Kuba, Cyprus, Fiji, Republik Dominika, Guyana, Haiti, Singapura hingga United Kingdom.

Luhut mengklaim, Indonesia adalah salah satu negara besar yang sukses di antara anggota AIS Forum. Hal ini membuat Indonesia mulai berperan sebagai negara donatur atau pemberi dana bagi negara-negara berkembang di dalam forum tersebut.

"Sekarang Indonesia sudah bisa lah bantu-bantu sedikit, beberapa juta dolar [US$]," kata Luhut dalam diskusi, Senin (25/9/2023). "[Presiden Jokowi bilang] Iya sudah waktunya lah Indonesia. Ini juga memperkuat posisi Indonesia di dunia."