Logo Bloomberg Technoz

Singapura Investor Properti Teratas di Jepang Tahun Ini

News
24 September 2023 17:52

Sektor perhotelan di Jepang (Bloomberg)
Sektor perhotelan di Jepang (Bloomberg)

Chanyaporn Chanjaroen-Bloomberg News

Bloomberg , Singapura menjadi investor terbesar di sektor real estate Jepang tahun ini. Manuver ekonomi ini didorong oleh  melemahnya yen sekaligus meningkatnya permintaan di industri logistik dan perhotelan, sebagaimana menurut Knight Frank LLP.

Sementara arus masuk modal dari negara kota tersebut mencapai hampir $3 miliar sejauh ini pada 2023, diikuti oleh investor dari AS, Kanada, dan Uni Emirat Arab, menurut sebuah laporan terbaru diterbitkan bulan ini.

Terkait hal itu, Chief Investment Officer GIC Jeffrey Jaensubhakij baru-baru ini menggambarkan Jepang sebagai pasar yang “sangat murah” di mana nilainya bisa dijangkau dan perjalanan bisnisnya masih akan panjang. Investor global juga tertarik dengan biaya pinjaman yang rendah. Mereka berinvestasi lebih banyak di bidang perhotelan karena dimulainya tren naik pariwisata pascapandemi.

Investor asing, termasuk Goldman Sachs Group Inc., KKR & Co., Blackstone Inc., sejauh ini bahkan telah menghabiskan dana gabungan sebesar $2 miliar untuk transaksi investasi hotel di Jepang pada tahun 2023. Angka itu adalah jumlah terbesar dibandingkan dengan sektor properti komersial lainnya di Asia, menurut MSCI Aset nyata.