Logo Bloomberg Technoz

Testimoni Para Investor Kakap soal RI Masih Destinasi Top Migas

Ezra Sihite
24 September 2023 15:45

Sesi diskusi panel hari ketiga International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas 2023 (Humas SKK Migas)
Sesi diskusi panel hari ketiga International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas 2023 (Humas SKK Migas)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Negara-negara di dunia tengah bersaing meraih investasi termasuk dalam eksplorasi minyak dan gas (migas). Namun ternyata Indonesia masih menjadi destinasi investasi menarik bagi perusahaan migas multinasional. Hal ini terungkap dari pernyataan para eksekutif perusahaan migas ketika menjadi pembicara di acara International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas (ICIUOG) 2023 yang berlangsung di Nusa Dua, Bali, dari 20 sampai 22 September 2023 lalu.

Director Eni Muara Bakau B.V, Roberto Daniele mengatakan, ENI menempatkan Indonesia sebagai top prioritas tujuan investasinya. “Eni menempatkan Indonesia sebagai salah satu dari top three negara tujuan kegiatan eksplorasi,” katanya, dikutip dari rilis pers pada Minggu (24/9/2023).

Senada dengan hal itu,  Head of Middle East & Asia Pacific Eni,  Ciro A. Pagano mengatakan, Indonesia memiliki keunggulan komparatif yang sangat kuat karena lokasinya yang dekat dengan konsumen lama LNG seperti Jepang, Korea dan Taiwan sekaligus dekat dengan pasar baru yang sedang bertumbuh di China. Selain itu pertumbuhan permintaan dari pasar domestik juga sangat kuat. Eni sendiri memiliki rekam jejak kuat dalam pengembangan gas di Indonesia melalui aktivitas yang dilakukannya di cekungan Kutai, Kalimantan Timur.

“Indonesia memiliki peran sentral bagi strategi investasi dan juga strategi transisi energi kami dalam hal ini pengembangan gas. Inilah yang menyebabkan kami akan tetap berinvestasi di Indonesia,” ujar Ciro A. Pagano.

Pilihan untuk berinvestasi di Indonesia juga disampaikan ExxonMobil. President ExxonMobil Indonesia Carole J. Gall mengatakan, Indonesia memiliki tempat spesial dalam portofolio investasi global ExxonMobil. Indonesia memiliki standar dan potensi sumber daya manusia yang tinggi. Bahkan, dalam hal keselamatan, proses dan pengelolaan bisnis inti, Indonesia menurutnya memiliki standar yang tinggi dan menjadi yang terbaik di antara afiliasi ExxonMobil di seluruh dunia. “Karena hal-hal itu, bisnis kami di negara lain melihat kepada Indonesia,” ujar Gall.