Logo Bloomberg Technoz

Pertamina Angkat Suara Soal Eksplorasi Harta Karun Migas di Papua

Sultan Ibnu Affan
20 September 2023 06:30

Pertamina. (Dok: Bloomberg)
Pertamina. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Pertamina (Persero) hingga saat ini masih melakukan tahap perencaanaan terkait rencana memulai eksplorasi harta karun minyak dan gas bumi (migas) di wilayah Blok Warim, Papua.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan hingga kini pihaknya masih dalam tahap evaluasi untuk mengembangkan rencana eksplorasi tersebut.

"Untuk saat ini masih dalam tahap evaluasi, tim sudah melakukan survey teknis tapi masih tahap awal," ujarnya saat dihubungi, Rabu (20/9/2023.

Rencana eksplorasi Blok Warim di Papua oleh perusahaan migas pelat merah ini sebelumnya diutarakan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut mengatakan, wilayah Blok Warim--yang juga beririsan dengan kawasan hutan lindung areal Taman Nasional Lorentz--itu diklaim sudah dibicarakan dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Meski begitu, dia tidak mendetailkan apakah KLHK telah memberikan restu alias perizinan untuk eksplorasi migas di blok tersebut.