Logo Bloomberg Technoz

ESDM Ungkap Soal Mitra Baru Blok Masela: Tunggu 1-2 Bulan

Sultan Ibnu Affan
11 September 2023 17:17

Ilustrasi pekerja LNG (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi pekerja LNG (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan dalam waktu dekat bakal segera diumumkan mitra baru PT Pertamina (Persero) di Lapangan Abadi Blok Masela.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas (Dirjen Migas) Kementerian ESDM Tutuka Ariadji mengatakan ketiga perusahaan yang telah memiliki hal partisipasi atau participating of interest (PI) itu, yakni Inpex Corporation, Pertamina, dan Petroliam National Berhad (Petronas), kini tengah sedang membicarakan hal tersebut.

"Ini mereka-mereka sudah dalam kesepakatan yang bagus, mereka revisi POD [Plan of Development]. Mereka kumpul bersama untuk revisi POD-nya sehingga bisa produksi pada akhir 2029. Diskusi mereka sudah bagus, jadi nanti kita tunggu revisinya 1—2 bulan ke depan," ujarnya ditemui di sela ICCSC Forum di Jakarta, Senin (11/9/2023).

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati sebelumnya membuka peluang kemungkinan untuk mengajak mitra anyar pada proyek ladang gas tersebut, didorong karena tingkat kesulitan serta kerumitan teknis pengangkutan gas dari lapangan lepas pantai Kepulauan Tanimbar, Maluku.

"Tidak menutup kemungkinan ada pihak lain yang masuk untuk melengkapi kompetensi blok ini. Ini karena dari sisi teknis cukup complicated ya," ujar Nicke dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi VII DPR, akhir Agustus lalu.