Logo Bloomberg Technoz

PDIP Lemah di Jabar, Ridwan Kamil Disebut Solusi Cawapres Ganjar

Pramesti Regita Cindy
15 September 2023 20:25

Kolase foto para bakal cawapres Pemilu 2024. Ridwan Kamil-Mahfud MD-Sandiaga Uno (Dok. Bloomberg Technoz)
Kolase foto para bakal cawapres Pemilu 2024. Ridwan Kamil-Mahfud MD-Sandiaga Uno (Dok. Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil semakin santer disebut sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) paling potensial untuk calon presiden (capres) Ganjar Pranowo di Pemilu 2024. Sejumlah pengamat politik pun menilai sosok yang akrab disapa Kang Emil tersebut bisa menjadi solusi bagi koalisi yang dipimpin Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Pengamat Politik dari Universitas Indonesia, Cecep Hidayat menilai, Kang Emil dan Ganjar memang memiliki latar belakang ideologi yang sama yaitu kelompok nasional. Keduanya bukan berasal dari kelompok yang dianggap bisa meraup suara dari kelompok islamis.

Akan tetapi, kata Cecep, sosok Kang Emil menjadi solusi paling tepat bagi PDIP karena Ganjar dan anggota koalisinya tak terlalu kuat dalam perebutan suara di Provinsi Jawa Barat. "Jadi kalau yang diharapkan PDIP basis elektoral [Jawa Barat] saya kira Ridwan Kamil jadi pasangan yang tepat," kata dia saat dihubungi, Jumat (15/9/2023).

Meski demikian, dia pun tak menafikan koalisi yang juga berisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Perindo, dan Partai Hanura tersebut bisa memilih nama lain yang juga potensial. Beberapa nama yang cocok adalah Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mohammad Mahfud atau Mahfud MD; dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Menurut Cecep, Sandiaga adalah sosok yang sejak lama dan selalu dikaitkan dengan bacapres Ganjar Pranowo. Kans Bos Saratoga ini cukup tinggi karena keberadaan PPP sebagai salah satu anggota koalisi. Ini juga yang mungkin menjadi keputusan Sandi berpindah jalur politik dari Partai Gerindra ke PPP.