Logo Bloomberg Technoz

Kode Pantun PDIP untuk Bakal Cawapres Ganjar Pranowo

Fransisco Rosarians Enga Geken
15 September 2023 12:00

Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto. (Dok Sultan Ibnu/Bloomberg Technoz)
Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto. (Dok Sultan Ibnu/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto terus menebar pantun yang seolah menjadi kode atau candaan tentang sosok calon wakil presiden (cawapres) dari koalisi yang mengusung calon presiden Ganjar Pranowo. Pantun-pantun ini diutarakan kepada nama-nama yang kerap disebut sebagai calon potensial cawapres koalisi PDIP.

Dalam sebuah acara diskusi Kementerian Koordinator bidang Hukum Politik dan Keamanan (Kemenko Polhukam), Hasto kembali melontarkan pantun tentang sosok cawapres Ganjar. Kali ini, pantun itu disasarkan pada Menko Polhukam, Mohammad Mahfud atau Mahfud MD.

Dia membuka pantunnya dengan mengatakan, "Ada singkong, sukun, dan talas. Semua penting sama seperti beras. Prof Mahfud MD sangat tegas. Tegakkan hukum penuh dengan integritas."

"Siapa yang tidak tahu Profesor Mahfud MD. Salah Satu bacawapres yang tegak lurus dan suka wedang ronde. Pemikirannya luas hingga beberapa dekade. Di tangannya rakyat semakin pede," kata Hasto seperti dikutip dari Youtube Kemenkopolhukam, Jumat (15/9/2023).

Orang kepercayaan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri ini juga melontarkan pantun kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Nama ini memang sejak lama dikabarkan akan mendamping Ganjar di Pemilu 2024. Ini juga yang membuatnya hengkang dari Partai Gerindra dan bergabung PPP -- angggota koalisi PDIP.