Logo Bloomberg Technoz

Kim Jong Un Diajak Putin ke Pusat Antariksa Rusia

News
13 September 2023 13:50

Kim Jong Un dan Vladimir Putin (Sumber: Bloomberg)
Kim Jong Un dan Vladimir Putin (Sumber: Bloomberg)

Jon Herskovitz dan Sangmi Cha - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Rusia Vladimir Putin tiba di pusat antariksa Rusia. Keduanya kembali bertemu setelah empat tahun. Menurut Amerika Serikat (AS), pertemuan keduanya dapat berfokus pada kesepakatan senjata untuk membantu perang Rusia di Ukraina.

Dilaporkan oleh Interfax, Putin tiba di pusat ruang angkasa Vostochny Cosmodrome di kawasan Amur pada Rabu (13/9/2023) yang kemudian disusul oleh Kim. Dalam video dari pusat ruang angkasa tersebut, tampak Kim mengenakan setelan jas keluar dari limusin dan berjabat tangan dengan Putin.

Sebelum pertemuan keduanya, pihak militer Korea Selatan mengatakan Korea Utara unjuk kekuatan dengan menembakkan dua rudal balistik jarak pendek ke perairan lepas pantai timurnya. Kemungkinan ini adalah pertama kalinya Korea Utara meluncurkan rudal balistik saat Kim sedang tidak berada di negaranya.

AS sebelumnya mengatakan Kim dan Putin kemungkinan akan membahas penyediaan artileri dan roket dari Korea Utara untuk Rusia, yang akan digunakan di perangnya di Ukraina. Di sisi lain, Kim kemungkinan mencari bantuan pangan dan teknologi untuk mendukung rencananya mengerahkan kapal selam bertenaga nuklir dan satelit mata-mata.