Logo Bloomberg Technoz

Kim Jong Un dan Putin Akan Bertemu, Bahas Kerja Sama Bilateral

News
12 September 2023 14:00

Pertemuan Presiden Korea Utara Kim Jong Un dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Fotografer: Andrey Rudakov/Bloomberg
Pertemuan Presiden Korea Utara Kim Jong Un dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Fotografer: Andrey Rudakov/Bloomberg

Jon Herskovitz dan Sangmi Cha - Bloomberg News

Bloomberg, Kereta mewah berlapis baja yang membawa pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un telah melintasi perbatasan ke Rusia menjelang pertemuannya dengan Presiden Vladimir Putin. Menurut Amerika Serikat (AS) pertemuan mereka akan fokus pada penyediaan senjata perang untuk Moskow melawan Ukraina.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Korea Selatan Jeon Ha-kyu dalam sebuah jumpa pers pada Selasa (12/9/2023) mengatakan Kim Jong Un tampaknya telah tiba di Rusia. Kereta Kim disebut telah memasuki kota perbatasan Rusia, Khasan. Dilaporkan oleh stasiun TV Jepang JNN mengutip pejabat regional Rusia, upacara penyambutan untuk Kim ditiadakan. 

Dari sana, Kim Jong Un akan melanjutkan perjalanan sekitar 150 kilometer menuju Vladivostok. Kim kemungkinan akan bertemu dengan Putin untuk pertama kalinya dalam lebih dari empat tahun di lokasi tersebut.

Pertemuan ini menandai kali pertama Kim Jong Un meninggalkan Semenanjung Korea sejak 2019 saat dia mengadakan satu-satunya pertemuan dengan Putin, yang juga digelar di Vladivostok. Dilaporkan oleh Kantor Berita Yonhap Korea Selatan, foto-foto yang dirilis oleh media pemerintah Korea Utara menunjukkan Kim pergi bersama Menteri Luar Negeri, pejabat tinggi militer, dan kader senior di sektor senjata. Hal ini mengindikasikan pengiriman amunisi mungkin ada dalam agenda pertemuan.