Logo Bloomberg Technoz

Kamar Dagang Ukraina dan Indonesia Rencanakan Kerjasama Ekonomi

Tara Marchelin
13 February 2023 08:02

Bendera Ukraina. (Carolina Cabral/Bloomberg)
Bendera Ukraina. (Carolina Cabral/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kunjungan delegasi Ukraina ke Indonesia mendapatkan sambutan hangat dari perusahaan swasta dalam negeri yang menyatakan minat terhadap produk berteknologi tinggi dan kemungkinan peningkatan impor bagi produk Indonesia.

Direktur Departemen Kerjasama Internasional Kamar Dagang dan Industri Ukraina (UCCI), Anna Liubyma mengungkapkan, pihaknya telah sepakat mengadakan sejumlah kerjasama dengan Kamar Dagang Indonesia (KADIN). 

“Pertama, kami setuju untuk memperbarui memorandum kerjasama sebagai langkah untuk terus membangun relasi antara kamar dagang Ukraina dan Indonesia,” kata Anna dalam konferensi pers pada Jumat (10/2/2023). 

Selanjutnya, kata Anna, UCCI dan KADIN akan mengadakan pelatihan dan konferensi bisnis daring untuk komunitas bisnis Ukraina dan Indonesia. Sistem pembayaran dan logistik akan menjadi dua isu utama yang dibahas dalam konferensi tersebut.

“Dua aspek tersebut sangat penting dalam bisnis dan akan menjadi fokus. Selain itu, Ukraina juga akan menghadiri forum investasi yang akan dilaksanakan di Jakarta pada September nanti,” tambahnya.