Logo Bloomberg Technoz

China Siap Tembak Jatuh Benda Terbang di Dekat Pangkalan AL

News
13 February 2023 05:53

Ilustrasi Pelabuhan Qingdao, China (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Pelabuhan Qingdao, China (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - China bersiap untuk menembak jatuh benda terbang tidak dikenal yang melayang di dekat kota pelabuhan Qindao. Kota ini merupakan markas Angkatan Laut China.

Mengutip Bloomberg News, The Paper melaporkan seorang pegawai di otoritas pengembangan kelautan Distrik Jimo di Qingdao mengungkapkan “otoritas terkait” tengah bersiap untuk menembak jatuh benda tersebut. Namun sang pegawai tidak diberi tahu benda apa yang dimaksud.

Markas Angkatan Laut Jianggezhuang berlokasi sekira 15 mil (24,14 km) di timur Qindao. Pangkalan ini menyimpan misil balistik, kapal selam dengan senjata nuklir, serta Liaoning (kapal induk pertama China). Jianggezhuang adalah markas komando di Armada Laut Timur.

Sebelumnya, AS dan Kanada menembak jatuh tiga objek terbang bulan ini, termasuk satu yang disebut Washington sengaja dikirim oleh China sebagai alat mata-mata. Beijing mengebut objek itu adalah alat riset cuaca yang tidak berbahaya.

“China akan menggunakan haknya untuk melakukan hal yang diperlukan dalam situasi seperti ini,” tegas Tan Kefei, Juru Bicara Kementerian Pertahanan China, 5 Februari lalu usai AS menembak jatuh balon di perairan South Carolina.