Logo Bloomberg Technoz

Putin dan Kim Jong Un Bersatu, Sanksi AS Tak Ampuh

News
08 September 2023 15:20

Kim Jong Un dan Vladimir Putin (Sumber: Bloomberg)
Kim Jong Un dan Vladimir Putin (Sumber: Bloomberg)

Iain Marlow - Bloomberg News

Bloomberg, Amerika Serikat (AS) telah memperingatkan bahwa Korea Utara (Korut) akan menerima sanksi jika menyediakan senjata bagi Rusia yang akan digunakan di Ukraina. Peringatan itu muncul menjelang kemungkinan digelarnya pertemuan antara Kim Jong Un dan Vladimir Putin di Rusia.

AS tak memiliki banyak pengaruh mencegah dua musuh geopolitik paling teguh di dunia barat ini untuk memperkuat hubungan mereka. Berbicara kepada para wartawan pekan ini, Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan mengatakan bahwa membantu mempersenjatai Rusia tidak akan mencerminkan hal yang baik pada Korut dan AS akan "mencari peluang untuk mencegah" rezim Kim Jong Un agar tidak melakukan langkah tersebut.

Bahasa yang samar-samar itu menunjukkan bahwa Washington memiliki sedikit pilihan dalam mengubah keadaan. Sejumlah sanksi AS selama bertahun-tahun telah gagal mencegah Kim Jong Un mempercepat program senjata nuklir dan misil balistiknya.

Korea Utara lakukan uji coba rudal. (Sumber: Bloomberg)

Kim Jong Un juga membantah tuduhan Gedung Putih bahwa Korut sudah mengirimkan proyektil artileri dari gudang senjatanya dalam membantu Rusia perang di Ukraina pada saat sanksi barat mengikis basis industri pertahanan Rusia.