Logo Bloomberg Technoz

China Kirim Pejabat ke Korut Jelang Kim Jong Un ke Rusia

News
07 September 2023 13:30

Kim Jong Un dan Vladimir Putin (Sumber: Bloomberg)
Kim Jong Un dan Vladimir Putin (Sumber: Bloomberg)

Jon Herskovitz - Bloomberg News

Bloomberg, China berencana mengirim delegasi tingkat tinggi ke Korea Utara (Korut) dalam kurun waktu kurang dari dua bulan ini, atau bertepatan jelang perkiraan kunjungan Kim Jong Un ke Rusia di mana kemungkinan mereka akan membahas penjualan senjata.

Delegasi China yang dipimpin oleh anggota Politbiro Liu Guozhong mengunjungi Korut untuk merayakan peringatan 75 tahun berdirinya negara itu pada Sabtu (09/09/2023) mendatang, demikian dilaporkan Korean Central News Agency (KCNA) pada Kamis.

Kunjungan tersebut melibatkan perwakilan dari Rusia dan merupakan yang pertama kali menuju Korut sejak Kim menutup perbatasannya pada awal pandemi. Itu juga mengindikasikan bahwa dia siap untuk melonggarkan pembatasan yang bertujuan untuk membatasi penyebaran virus corona yang merugikan perdagangan dengan dua tetangganya yang kuat.

Ilustrasi bendera China dan Korea Utara. (Sumber: Bloomberg)

Belum jelas mengapa Liu, yang juga memiliki gelar wakil perdana menteri, melakukan perjalanan ke Korut, meskipun ia menangani masalah kesehatan dan pertanian. Ia juga pernah menjabat di provinsi Heilongjiang dan Jilin, yang berdekatan dengan Korut, dan telah memiliki hubungan yang lebih dalam dengan Pyongyang.