Logo Bloomberg Technoz

Kadin: Polusi DKI Jadi Peringatan RI Soal Investasi Berkelanjutan

Sultan Ibnu Affan
07 September 2023 11:20

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Arsjad Rasjid. (Dok. Kadin Indonesia)
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Arsjad Rasjid. (Dok. Kadin Indonesia)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia berpendapat dukungan iklim investasi hijau yang baik dari pemerintah dapat menjadi solusi jangka panjang terhadap masalah polusi udara di Jakarta, serta pembangunan ekonomi berkelanjutan.

Ketua Kadin Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan tantangan-tantangan yang dihadapi Indonesia saat ini kian mendesak. Perubahan iklim yang tadinya merupakan kekhawatiran jangka panjang, kini telah dihadapi negara ini tiap hari.

“Berita baru-baru ini bahwa Jakarta dinobatkan sebagai kota dengan polusi tertinggi di dunia merupakan sebuah peringatan karena kita berada di persimpangan jalan,” ujarnya dalam pidato pembukaan Indonesian Sustainable Forum (ISF), Kamis (7/9/2023).

Menurut Arsjad, Indonesia harus membuat pilihan antara mengejar pertumbuhan jangka pendek dan pertumbuhan yang berkelanjutan. Dalam kaitan itu, dia mengatakan dunia usaha pun memiliki peran untuk menyeimbangkan keduanya.

“Kita mempunyai kelimpahan sumber daya energi terbarukan yang besar. Kita mempunyai potensi untuk menghasilkan 440 GW tenaga surya, angin, dan air. Kita juga merupakan produsen nikel, timah, dan tembaga terkemuka di dunia yang merupakan mineral penting untuk produksi baterai dan teknologi energi ramah lingkungan lainnya,” lanjutnya.