Logo Bloomberg Technoz

Sektor Energi hingga Ketahanan Pangan Jadi Gagasan Kuat AIPF 2023

Pramesti Regita Cindy
07 September 2023 08:40

Menteri BUMN Erick Thohir saat pertemuan ASEAN Indo-Pacific Forum (AIPF) 2023. (Dok. BRI)
Menteri BUMN Erick Thohir saat pertemuan ASEAN Indo-Pacific Forum (AIPF) 2023. (Dok. BRI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Pahala Mansury sampaikan beberapa kerja sama sektor prioritas dengan negara Australia, Jepang serta Kanada dalam hasil pertemuan ASEAN Indo-Pasifik Forum-AIPF 2023 hari kedua, Rabu (6/9/2023). 

Pahala menyebut ketiga negara tersebut melalui perdana menterinya masing-masing, akan melakukan kerja sama dalam berbagai sektor penting mulai dari energi hingga ketahanan pangan. 

Australia

Australia melalui perdana menterinya Anthony Albanese, dalam kesempatan AIPF di hari kedua ini menyampaikan akan melakukan Southeast Asia Economic Strategic di tahun 2040. Dimana menurutnya kawasan ASEAN akan menjadi prioritas penting bagi Australia untuk bisa mengembangkan ke depannya 4 sektor penting negaranya. 

"Untuk itu beberapa sektor menjadi prioritas sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Perdana Menteri Australia diempat sektor. pertama-tama ialah terkait dengan pertanian dan pangan, kemudian yang kedua ketahanan energi dan transisi energi bersih, ketiga terkait dengan infrastruktur, yang keempat terkait dengan pendidikan dan juga bagaimana membangun keahlian khusus," jelas Pahala di Media Center JCC Senayan, Rabu sore. 

Jepang

Perdana menteri Jepang Fumio Kishida juga turut menyampaikan beberapa sektor penting yang akan melakukan ASEAN connectivity bersama kawasan tersebut.