Logo Bloomberg Technoz

Polusi Jakarta: ESDM Bakal Inspeksi PLTU, Kaji Naikkan Oktan BBM

Sultan Ibnu Affan
24 August 2023 13:35

Suasana lalu lintas dengan latar gedung diselimuti polusi di Jakarta, Rabu (23/8/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Suasana lalu lintas dengan latar gedung diselimuti polusi di Jakarta, Rabu (23/8/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Nusa Dua – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan bakal mengecek langsung kondisi pembangkit listrik tenaga uap (PLTU), yang diduga menjadi salah satu penyebab naiknya tingkat polusi di DKI Jakarta dan sekitarnya.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana menyebut pengecekan kondisi PLTU berbasis batu bara juga saat ini telah dilakukan atas dasar titah langsung dari Menteri ESDM Arifin Tasrif.

“Kami sekarang lagi kirim tim ke lapangan, Pak Menteri [ESDM] meminta untuk melihat mengecek langsung kondisi PLTU kita [yang berada di regional Jakarta],” ujarnya di sela acara Asean Energy Bussines Forum (AEBF) di Bali Nusa Dua Convention Centre (BNDCC), Kamis (24/8/2023).

Cek BBM, Naikkan Oktan

Selain PLTU, Dadan juga mengatakan ESDM bakal melakukan pengecekan terhadap bahan bakar minyak (BBM) berbasis fosil. Dia menduga kendaraan yang mengenakan BBM menjadi salah satu penyebab buruknya kualitas udara saat ini.