Logo Bloomberg Technoz

Pendiri Tencent Investasi di Taksi Terbang China

News
08 February 2023 14:26

Taksi terbang TCab. (Dok. TCab)
Taksi terbang TCab. (Dok. TCab)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Startup pesawat listrik China TCab Tech berhasil mengumpulkan dana investor 100 juta yuan atau setara US$ 15 juta (Rp 22,5 miliar). Perusahaan ini sedang mengembangkan prototipe taksi terbang.

Putaran pendanaan seri pra-A ini dipimpin oleh Grand Flight Investment dan Decent Capital, milik keluarga salah satu pendiri Tencent Holdings Ltd, Jason Zeng. Investor yang ada BlueRun Ventures China juga ikut berpartisipasi.

Berusia kurang dari dua tahun lalu, TCab akan menggunakan dana itu untuk mengembangkan dan membangun pesawat lepas landas dan mendarat vertikal listrik, atau eVTOL.

Pesawat kecil yang mengangkut beberapa penumpang dalam jarak yang relatif pendek menarik perhatian karena investor dan pengusaha berlomba-lomba mengincar masa depan mobilitas.

“Kami akan fokus pada komersialisasi eVTOL berawak untuk membantu mengembangkan sistem transportasi tiga dimensi yang komprehensif di China,” kata Yon Wui Ng, pendiri TCab Malaysia, mantan kepala teknik untuk bisnis China Airbus SE, seperti dilansir dari Bloomberg News, Selasa (8/2/2023).

Taksi terbang TCab. (Dok. TCab)