Logo Bloomberg Technoz

Risiko Besar PayLater yang Perlu Diketahui Para Anak Muda

Septiana Ledysia
20 August 2023 16:35

Aplikasi PayLater di Zalora. (Dok: Bloomberg)
Aplikasi PayLater di Zalora. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementrian Keuangan Replublik Indonesia mengatakan PayLater memilik 4 risiko yang harus diketahui para pengguna. Salah satunya yang harus diwaspadai adalah peretasan identitas.

PayLater sendiri merupakan sistem pembayaran yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan transaksi atau pembayaran di kemudian hari. PayLater kini sangat digandrungi oleh anak muda.

Metode pembayaran yang sedang digandrungi ini ternyata memiliki segudang risiko. Dikutip dari artikel yang ditulis di laman djkn.kemenkeu.go.id, ada 4 risiko besar yang perlu diketahui ketika menggunakan PayLater.

  1. Pengaturan Keuangan Terganggu

Mudahnya menggunakan fitur PayLater menjadi penyebab terganggunya pengaturan keuangan pribadi karena adanya cicilan yang datang. Seringkali, dana yang kita sisihkan untuk membayar cicilan terpakai untuk memenuhi kebutuhan mendesak.

  1. Ada Biaya yang Tidak Disadari

Penggunaan PayLater tanpa kita sadari ada biaya lain yang ikut aktif seperti biaya subscription, biaya cicilan dan biaya lainnya. Hal ini memberatkan setiap kali tagihan datang.