Logo Bloomberg Technoz

Rusia dan India Kian Lengket di KTT Energi G-20

News
07 February 2023 17:01

CEO Rosneft PJSC Igor Sechin (Sumber: Bloomberg)
CEO Rosneft PJSC Igor Sechin (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Rusia kian lengket dengan pasar potensialnya, India, dalam KTT Energi G-20 di Bengaluru, di tengah sanksi negara barat yang menimpanya.

Mengutip Bloomberg News, dua bos perusahaan energi multinasional milik Rusia, yaitu CEO Rosneft PJSC Igor Sechin hingga CEO Novatek PJSC Leonid Mikhelson menjadi delegasi Rusia yang hadir di KTT tersebut.

Pada panel bersama menteri perminyakan India Hardeep Singh Puri dan Sekretaris Jenderal OPEC Haitham al-Ghais pada hari Senin (07/02/2023) Igor terlihat berseri-seri mengatakan bahwa Rusia telah membukukan "kemenangan psikologis" atas barat dari serangkaian sanksi.

Rusia, yang memiliki banyak sumber daya termasuk minyak mentah dan gas alam, saat ini kian fokus pada negara-negara seperti India dan China. Hal ini terjadi ketika Eropa dan AS menolak pengiriman energi negara tersebut menyusul invasi ke Ukraina.

India di sisi lain juga diuntungkan karena membeli minyak dengan diskon besar, dan kerap mendapat penawaran kargo dengan pembayaran fleksibel dengan pengiriman dan perlindungan asuransi.

PM India, Narendra Modi (kanan), danPresiden Rusia, Vladimir Putin di Rumah Hyderabad, New Delhi, India, Senin (6/12/2021). (T. Narayan/Bloomberg)