Logo Bloomberg Technoz

Korea Selatan Laporkan 22 Orang Tewas Akibat Panas Ekstrem

News
03 August 2023 17:10

Korea Selatan (Sumber: Bloomberg)
Korea Selatan (Sumber: Bloomberg)

Heesu Lee - Bloomberg News

Bloomberg, Para pegwawai di sejumlah perusahaan terbesar di Korea Selatan mendapatkan rompi es dan jam kerja yang bisa disesuaikan untuk melindungi mereka dari panas ekstrem.

Pegawai di produsen petrokimia LG Chem Ltd. ditawari menggunakan rompi es agar tidak merasa kepanasan. Sementara pegawai di pembuat baja terbesar di Korea Selatan, Posco Holdings Inc. dan HD Korea Shiphbuilding & Offshore Engineering Co. diizinkan beristirahat lebih lama untuk mencegah terserang penyakit terkait panas. Juru bicara perusahaan mengatakan penyesuaian telah dilakukan baru-baru ini menyusul kenaikan suhu.

Temperatur ekstrem membakar hampir seluruh wilayah di dunia, dari Asia hingga Eropa dan Amerika. Situasi ini berdampak pada jaringan listrik dan menimbulkan ancaman serius bagi kesehatan manusia. Korea Selatan menaikkan peringatan akan gelombang panas ke level tertinggi untuk pertama kalinya dalam empat tahun awal pekan ini, setelah sejumlah negara bagian mencatatkan suhu di atas 38 derajat celcius.

Peringatan tersebut dibuat menyusul banjir dan tanah longsor karena cuaca ekstrem di Korea Selatan, yang bulan lalu merusak rumah serta jalanan, hingga memakan korban jiwa. Menurut Badan Pemadam Kebakaran Nasional, panas terik telah menewaskan setidaknya 22 orang hingga Selasa (1/8/2023).