Logo Bloomberg Technoz

Taji King Maker Jokowi

Krizia Putri Kinanti
27 July 2023 16:30

Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto saat berada di Malang, Jatim (Instagram Jokowi)
Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto saat berada di Malang, Jatim (Instagram Jokowi)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Manuver Presiden Jokowi dalam konstelasi pencalonan presiden kian lihai. Di panggung depan, Jokowi formal merestui calon presiden (capres) Ganjar Pranowo, calon dari PDI Perjuangan. Namun di panggung belakang, kode-kode kedekatan informal terus dimunculkan antara Jokowi dan capres Prabowo Subianto yang merupakan Ketua Umum Partai Gerindra. 

Teranyar, kebersamaan Jokowi dan Prabowo saat berkunjung ke PT Pindad di Malang, Jawa Timur. Dengan santainya, Prabowo menyopiri Jokowi dan ibu negara Iriana. Hal yang sama juga pernah dilakukan Prabowo awal tahun ini di kompleks Kementerian Pertahanan Jakarta. Kebersamaan itu sudah yang kesekian kali usai keduanya juga beberapa kali acara makan bersama. 

Jokowi dan Prabowo juga tampak akrab kala menonton pertandingan FIFA Matchday pada 19 Juni 2023 antara timnas Indonesia versus Juara Dunia Argentina.

Bila membaca sejumlah survei, tangan dingin Jokowi terbukti mampu mengerek pelan tapi pasti elektabilitas Prabowo yang juga Menteri Pertahanan itu. Jokowi semakin terbaca sedang memainkan peran sebagai king maker capres 2024. 

Kode-kode "kemesraan" dengan Prabowo tidak pelak memunculkan pertanyaan apakah sang presiden sengaja mengambil jarak terhadap PDIP atau sejatinya tengah memainkan keseimbangan politik demi menaikkan posisi tawar terhadap Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.