Logo Bloomberg Technoz

Puan Maharani & Airlangga Bertemu Usai Golkar Dapat Ultimatum

Arif Subakti
27 July 2023 15:41

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bertemu dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani diJakarta (Bloomberg Technoz/Arif Subakti)
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bertemu dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani diJakarta (Bloomberg Technoz/Arif Subakti)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bidang Politik yang juga Ketua DPR Puan Maharani menemui Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di kediaman Airlangga, Jakarta, Kamis (27/7/2023). Puan tiba sekitar pukul 15.10 WIB dan tampak mendampinginya politikus senior PDIP Said Abdullah dan Bambang Wuryanto.

Puan tiba di kediaman Airlangga menggunakan mobil Alphard hitam dengan pelat nomor B 609 P. Pertemuan antara Partai Golkar dan PDIP kemudian dilakukan secara tertutup.

Puan pada beberapa waktu terakhir memang kerap melakukan safari politik. Sebelumnya dia juga bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Partai Golkar sendiri memang belum menentukan arah koalisinya di Pemilu 2024. Belakangan hal ini menjadi friksi di internalnya. 

Dewan Pakar Partai Golkar mengultimatum Airlangga agar segera menentukan koalisi maupun poros baru paling lambat Agustus 2023. Diketahui bahwa melalui forum resmi Golkar selama ini didorong agar sang ketua umum maju menjadi bakal calon presiden. 

Sementara PDIP menjajaki terus koalisi untuk mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon persiden sekalipun dari persyaratan, partai itu bisa mencalonkan tanpa harus berkoalisi. Belakangan untuk kandidat cawapres Ganjar kata Puan, sudah mengerucut 5 nama dari yang sebelumnya 10 nama itu.