Logo Bloomberg Technoz

Senator AS Desak Apple dan Google Hapus TikTok dari App Store

News
03 February 2023 14:02

TikTok makin mendunia (Brent Lewin/Bloomberg)
TikTok makin mendunia (Brent Lewin/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Senator dari Partai Demokrat di Amerika Serikat (AS) Michael Bennet meminta CEO Apple Inc dan Google Alphabet Inc untuk menghapus TikTok, platform video milik China, dari toko aplikasi mereka.

Melansir Bloomberg News, anggota Komite Intelijen AS ini mengatakan bahwa alasannya adalah keamanan nasional yang menurutnya “sangat serius".

“Seperti kebanyakan platform media sosial, TikTok mengumpulkan data yang luas dan canggih dari penggunanya, termasuk sidik wajah dan sidik suara,” tulis Michael dalam suratnya kepada CEO Apple Tim Cook dan CEO Alphabet Sundar Pichai.

“Tidak seperti kebanyakan platform media sosial, TikTok menimbulkan kekhawatiran karena undang-undang China mewajibkan ByteDance, yang berbasis di Beijing, untuk mendukung, membantu, dan bekerja sama dengan pekerjaan intelijen negara," lanjut dia.

TikTok makin mendunia (Brent Lewin/Bloomberg)

Michael mengatakan bahwa jelas bahwa Partai Komunis China dapat menggunakan TikTok untuk melawan AS dengan memaksa perusahaan induknya untuk menyerahkan data sensitif dari pengguna untuk kepentingan China.