Logo Bloomberg Technoz

El Nino Terus Meningkat, 2023 Jadi Tahun Terpanas Dalam Sejarah

News
17 July 2023 19:40

Ilustrasi udara panas. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi udara panas. (Sumber: Bloomberg)

Zahra Hirji - Bloomberg News

Bloomberg, Rekor hari terpanas pada Juni berlanjut hingga Juli, yang mencatatkan 10 hari terpanas sepanjang sejarah. Gelombang panas menyerang Amerika Serikat (AS), sebagian besar Eropa, dan sebagian Asia sementara El Nino semakin meningkat di Samudera Pasifik dan perairan Atlantik lepas Florida yang mencapai suhu 32,2 derajat celcius. 

Fenomena yang belum pernah terjadi sebelumnya ini sudah cukup untuk menetapkan tahun 2023 sebagai tahun terpanas sejak pencatatan dimulai di tahun 1800-an.

Sejak Oktober 2019, badan penelitian nirlaba Berkeley Earth telah mengenalisis temperatur globa setiap bulannya. Mereka telah memprediksi akan ada peningkatan panas tertinggi tahun ini. Dalam analisis terbarunya yang dirilis pada 11 Juli, badan penelitian menemukan adanya "peluang yang cukup tinggi, di atas 80% saat ini, bahwa 2023 akan mencatatkan rekor tahun terhangat," kata Zeke Hausfather, seorang ilmuwan iklim di Berkeley Earth.

Para peneliti akan menyelesaikan penelitian terhadap peringkat suhu tertinggi pada bulan Januari. Akan tetapi sampai saat ini, rekor tahun terpanas adalah tahun 2016 dan 2020.