Logo Bloomberg Technoz

Booming AI, Kapitalisasi Pasar Microsoft Diprediksi Rp45.000 T

News
07 July 2023 10:50

Microsoft. (dok Bloomberg)
Microsoft. (dok Bloomberg)

Subrat Patnaik - Bloomberg News

Bloomberg, Booming kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dapat mendorong Microsoft Corp. setara dengan Apple Inc. sebagai jajaran saham elit dengan kapitalisasi pasar lebih dari US$3 triliun atau setara Rp 45 ribu triliun (asumsi Rp15.000/US$).

Ini merupakan riset dari tim analis Morgan Stanley. Mereka memberikan target baru harga saham Microsoft US$415 per saham dan kapitalisasi pasarnya bisa mencapai US$3,1 triliun (Rp46.500 triliun).

Para analis yang dipimpin oleh Keith Weiss itu menjadikan Microsoft sebagai saham pilihan utama di antara perusahaan-perusahaan software (piranti lunak) berkapitalisasi pasar besar yang tercatat di bursa saham AS. Mereka yakin Microsoft merupakan perusahaan terbaik di sektor ini dan mendapatkan keuntungan dari pertumbuhan AI.

Pergerakan harga saham Microsoft. (dok Bloomberg)

"AI Generatif terlihat secara signifikan memperluas cakupan proses bisnis yang dapat diotomatisasi oleh software,” tulis para analis Morgan Stanley dalam sebuah catatan. "Microsoft berada di posisi terbaik di sektor piranti lunak untuk memonetisasi ekspansi tersebut."