Logo Bloomberg Technoz

AS Mau Batasi Akses Cloud China, Khawatir dengan Kemajuan AI

News
06 July 2023 16:00

Ilustrasi Cloud Computing. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Cloud Computing. (Sumber: Bloomberg)

Anna Edgerton - Bloomberg News

Bloomberg,  Amerika Serikat (AS) sedang mempertimbangkan pembatasan akses teknologi komputasi internet (cloud) ke China. Ini merupakan upaya AS membatasi kemampuan China mengembangkan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), seperti yang disampaikan oleh sumber yang mengetahui diskusi tersebut.

Upaya untuk menghalangi China mengembangkan AI merupakan prioritas utama Departemen Perdagangan AS, dan pemerintah Biden juga bakal menambahkan parameter baru kontrol ekspor pada semikonduktor yang telah berlaku Oktober lalu.

Para pejabat AS berusaha menyelesaikan rencana tersebut musim panas ini, meskipun sumber yang sama menyebut detail penting belum diputuskan.

Sumber menyebut AS mengkhawatirkan akses ke layanan cloud dapat memberi perusahaan-perusahaan China dan militernya kekuatan komputasi yang dibutuhkan untuk model AI, melewati kebutuhan untuk berinvestasi di pusat data yang terdiri dari komputer dan komponen semikonduktornya. Namun, penggunaan komputasi cloud lebih sulit dilacak daripada ekspor semikonduktor, mempersulit upaya untuk mengaturnya.