Logo Bloomberg Technoz

UBS Berencana PHK Setengah Karyawan Credit Suisse

News
28 June 2023 09:50

UBS dan Credit Suisse Tak Mungkin Dikawinkan
UBS dan Credit Suisse Tak Mungkin Dikawinkan

Marion Halftermeyer, Laura Benitez dan Myriam Balezou

Bloomberg, UBS Group AG berencana memangkas lebih dari separuh karyawan Credit Suisse Group AG yang berjumlah 45.000 orang mulai bulan depan sebagai akibat dari pengambilalihan bank tersebut.

Para bankir, pialang dan staf pendukung bank investasi Credit Suisse di London, New York, dan beberapa bagian Asia diperkirakan akan mengalami pemangkasan tersebut, pada semua kegiatan bisnis yang berisiko, kata para sumber yang mengetahui masalah ini. 

Para staf telah diberitahu bahwa akan ada tiga kali pemangkasan tahun ini, dengan pemangkasan pertama diperkirakan akan dilakukan pada akhir Juli dan dua kali lagi direncanakan pada September dan Oktober, kata sumber-sumber yang tidak mau disebutkan namanya karena rencana tersebut tidak untuk umum.

Tiga bulan setelah UBS setuju untuk membeli Credit Suisse dalam sebuah skenario penyelamatan yang difasilitasi pemerintah, dampak dari pemutusan hubungan kerja ini mulai terlihat. UBS, yang jumlah karyawannya melonjak menjadi sekitar 120.000 orang saat kesepakatan ditutup, mengatakan bahwa mereka bermaksud untuk menghemat sekitar US$6 miliar untuk biaya staf di tahun-tahun mendatang.