Logo Bloomberg Technoz

Semakin banyak logam yang mengelilingi batu, semakin banyak cahaya yang terserap, bukan terpantul. Jadi idenya adalah meminimalkan logam, baik menggunakan variasi pengaturan prong yang ditinggikan atau memotong sebagian logam di sekitar permata. Ini adalah alternatif dari konvensi pengaturan permata langsung ke dalam casing. Jam tangan perhiasan membutuhkan waktu ratusan jam untuk disetel.

Jam tangan perhiasan memiliki atau dihargai nilainya karena berlian dan batu permata adalah komoditas tersendiri yang dapat dijual secara terpisah. Perhiasan tersebut menambah nilai intrinsik pada jam tangan, memberi mereka keunggulan di pasar sekunder.

“Kami melihat lebih banyak jam tangan permata di pelelangan,” kata Remi Guillemin, kepala jam tangan Christie’s Europe. “Banyak jam tangan laki-laki dan perempuan sekarang berhiaskan berlian. Jam tangan tersebut menjadi bagian dari katalog lebih banyak pabrikan karena meningkatnya permintaan dari kolektor untuk model ini. Akibatnya, harga meningkat di pasar sekunder dan di lelang.”

Sepuluh jam tangan perhiasan baru berikut secara kolektif mewakili inovasi terbaru dalam desain, pemotongan, pengaturan, dan pencocokan warna yang kreatif. Kenakan dengan jeans untuk kesan high-low atau di karpet merah dengan tuksedo atau gaun.

Cartier Baignoire Jewelry

Dengan lebar 17,1mm dan panjang 24,8mm, ini bukan jam tangan besar. Tetapi setiap permukaannya ditata dengan permata dalam pengaturan terbuka yang mungil, memungkinkan masuknya banyak cahaya.

Case dilengkapi dengan safir, zamrud, dan turmalin, membingkai pelat jam yang dilapisi dengan 130 berlian dengan total 0,64 karat dan turmalin kecil. Jam tangan ini menggunakan gerakan atau kaliber kuarsa (quartz).

Jam ini merupakan edisi bernomor 15 dengan harga US$185.000 atau senilai Rp2,7 miliar.

Piaget Aura High Jewelry

Sesuai dengan namanya, Aura memancarkan cahaya dari setiap sudut. Setiap permata dipotong dan dikalibrasi secara individual agar pas seperti sebuah puzzle yang sempurna.

Piaget mengatakan, butuh delapan bulan untuk mengumpulkan safir sesuai dengan warna yang diinginkan. Pengaturan permata membutuhkan sekitar 260 jam tambahan. Cakar ultra tipis memungkinkan batu menangkap cahaya maksimum. Sebuah jam tangan yang unik, Aura terdiri dari gerakan mekanik putaran manual (hand-wound) supertipis Piaget 430P.

Harga berdasarkan permintaan.

Harry Winston Ocean Date Moon Phase Automatic

Ocean disebut-sebut sebagai model jam tangan olahraga Harry Winston. Digambarkan sebagai jam yang cocok untuk “pakaian sehari-hari”, tetapi versi ini jelas dibuat untuk hari-hari yang lebih istimewa dari yang lain.

Setiap permukaan kecuali indeks tanggal dan cakram fase bulan diatur, dengan total 40 karat berlian lonjong (baguette) dan bulat. Bahkan rotornya dipasar dengan 26 berlian. Dijual terbatas sebanyak lima buah.

Harga berdasarkan permintaan.

Chanel J12 Hyper Cybernetic

Berlian pada jam tangan unik ini merupakan snow-set, sejenis pangaturan pave dengan ukuran acak pada permukaan yang sering kali menciptakan garis luar spesifik, dalam hal ini motif piksel. Case terbuat dari keramik hitam dan emas putih 18 karat.

Arloji ini dilengkapi dengan 240 berlian dengan potongan brilian total 1,30 karat. Jam tangan ini merupakan koleksi kapsul J12 Interstellar, yang dijual dalam edisi terbatas sebanyak 55 buah.

Harga berdasarkan permintaan.

Bulgari Octo Roma Mediterranea

Jam tangan ‘rahasia’ para pria ini berhiaskan permata, yang dirancang bak pemandangan laut berhiaskan gurita. Jam ini merupakan bagian dari koleksi perhiasan dan arloji kelas atas yang dirancang untuk merayakan garis pantai Mediterania.

Dengan permata yang cerah dan gemerlap. Bagian penutup dengan model ‘peekaboo’ bertatahkan berlian, turmalin Paraiba, dan safir, terbuka untuk menampilkan jam tangan dengan gerakan tourbillon terbang BVL 268 SK manual.

Harga berdasarkan permintaan.

Jaeger-LeCoultre Reverso Secret Necklace

Jam tangan liontin art deco ini menginterpretasikan kembali koleksi andalan Jaeger, Reverso. Jam ini berhiaskan 3.000 berlian dengan total lebih dari 18 karat yang dipasang di rantai dan casing.

Rantai yang lentur terbuat dari tautan bertatahkan berlian dan manik-manik onyx yang dipoles. Casing dan dial diatur dengan onyx dan berlian bagian depan dan belakang.

Harga berdasarkan permintaan.

Breguet Reine De Naples 8918

Reine De Naples, unggulan Breguet dalam koleksi jam untuk wanita, memiliki ciri khas pada bentuk oval yang feminin. Versi pink ini menggandakan keunggulannya.

Casing-nya terbuat dari rose gold 18 karat, dan pelat jamnya berwarna pink grand feu enamel. Gesper diatur dengan dengan 28 berlian lainnya, dan berlian oval sebagai pengganti angka 6 mencerminkan bentuk casing.

Dijual dengan harga US$38.300 atau senilai Rp574 juta.

Chopard Red Carpet Collection Jewelry Watch

Mahakarya ini berhiaskan 25,87 karat berlian berbentuk pir, 21,65 karat zamrud yang dipotong segi delapan, dan 2,43 karat berlian bulat. Kedua tangan jam dicocokkan dengan zamrud yang berwarna tinggi. Jam ini bergerak dengan kaliber kuarsa.

Harganya pun berdasarkan permintaan.

Van Cleef & Arpels Perlée Pendant

Untuk beberapa merek, jam tangan liontin berhiaskan permata bukan untuk pembelian berulang. Namun berbeda untuk jam tangan buatan ahli perhiasan, Van Cleef & Arpels.

Jam tangan ini merupakan koleksi lengkap dengan enam pilihan permata termasuk tiga batu eksotis. Pada bagian cover dapat dihiasi dengan safir, zamrud, ruby atau pilihan kalsedon, sodalit, atau kuarsa mawar. Pelat jam juga terbuat dari mutiara yang dikelilingi berlian.

Jam tangan ini dijual dengan harga yang meyesuaikan permintaan desain.

Van Cleef & Arpels Ludo High Jewelry Secret

Didesain seperti gelang bertema sabuk yang populer pada 1934. Casing dengan motif gesper berhiaskan 5,68 karat safir merah muda yang dipotong dengan sempurna.

Gelang bergaya mesh dengan warna rose gold 18 karat tersebut menutupi pelat jam, namun dapat membalik saat tombol ditekan untuk menampilkan waktu dengan latar belakang mutiara berlapis guilloched.

Jam tangan ini dijual dengan harga US$148.000 atau senilai Rp2,2 miliar.

(bbn)

No more pages