Logo Bloomberg Technoz

BRI Akan Lepas 15% Saham di BSI, BNI 5%

Rezha Hadyan
25 June 2023 13:00

Petugas menghitung uang di kantor cabang BSI, Thamrin, Jakarta , Rabu (10/5/2023). (BloombergTechnoz/ Andrean Kristianto)
Petugas menghitung uang di kantor cabang BSI, Thamrin, Jakarta , Rabu (10/5/2023). (BloombergTechnoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) atau BSI Hery Gunardi mengatakan, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) akan melepas sebagian sahamnya di BSI. Hal serupa juga akan dilakukan oleh PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI).

BRI akan melepas sebesar 15% sahamnya di BSI. "BNI  hanya akan melepas 5% kepemilikan saham," ujar Hery belum lama ini.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), BBRI memiliki 7,09 miliar atau setara 15,38% saham BSI. BBNI memiliki 10,72 miliar atau setara 23,24% saham, sedangkan PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menjadi pemegang saham terbesar, 23,74 miliar atau setara 51,47% saham.

"Tujuan dari divestasi ini adalah mencari investor strategis yang cocok dengan bisnis dan strategi bisnis BSI. Tentunya, investor strategis ini akan berasal dari Timur Tengah," terang Hery belum lama ini.

Sampai saat ini, lanjut Hery, belum ada keputusan mengenai siapa investor yang akan mengisi 20% saham dari divestasi tersebut. Namun, dirinya berharap investor tersebut berasal dari Arab Saudi agar BSI bisa memperluas ekspansinya ke negara tersebut.