Logo Bloomberg Technoz

BSI dan SMF Terbitkan EBA Syariah Pertama, Incar Dana Rp325 M

Krizia Putri Kinanti
19 June 2023 12:40

PT Bank Syariah Indonesia Tbk dan PT Sarana Multigriya Finansial melaksanakan pencatatan perdana Efek Beragun Aset (EBA) Syariah pertama (Dok. BSI)
PT Bank Syariah Indonesia Tbk dan PT Sarana Multigriya Finansial melaksanakan pencatatan perdana Efek Beragun Aset (EBA) Syariah pertama (Dok. BSI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) atau BSI dan PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) melaksanakan pencatatan perdana Efek Beragun Aset (EBA) Syariah Berbentuk Partisipasi pertama di Indonesia hari ini, Senin (19/6).

Adapun EBAS-SP SMF-BRIS01 merupakan efek beragun aset syariah yang underlying (agunan) portofolionya berasal dari pembiayaan Griya dengan akad Musyarakah Mutanaqisah (MMQ) milik BSI. Mekanisme penerbitannya merujuk kepada prinsip syariah yang mendapat pernyataan kesesuaian syariah dari Dewan Pengawas Syariah atau tim ahli syariah pasar modal.

Hal tersebut sesuai dengan ketentuan dan persyaratan mengenai Ahli Pasar Modal Syariah yang diatur dalam  POJK No 16/Tahun 2015. Selain itu, penerbitan EBAS-SP telah sesuai dengan POJK Nomor 20/POJK.04/2015 dan Fatwa DSN MUI No.121 tahun 2018.

Dalam penerbitan EBAS-SP SMF-BRIS01 ini, PT SMF berperan sebagai penerbit, pengatur dan pendukung pembiayaan, dan BSI berperan sebagai pemberi pembiayaan asal dan penyedia jasa.

Adapun PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk berperan sebagai Wali Amanat dan Bank Kustodian. Sementara itu, agen penjual EBA-SP SMF-BRIS01 yakni PT BNI Sekuritas, PT BRI Danareksa Sekuritas, PT CIMB Niaga Sekuritas dan PT Mandiri Sekuritas.