Logo Bloomberg Technoz

Kreditur Bersabar, Waskita Karya Tak Bayar Utang Sampai Agustus

Donald Banjarnahor
17 June 2023 14:50

Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero), Tbk, Destiawan Soewardjono. (Bloomberg Technoz/ Houtmand P Saragih)
Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero), Tbk, Destiawan Soewardjono. (Bloomberg Technoz/ Houtmand P Saragih)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Para kreditur PT Waskita Karya Tbk (WSKT) tampaknya bersabar karena emiten ini tidak akan membayar cicilan dan bunga pinjaman sampai Agustus 2023. BUMN konstruksi ini memperpanjang standstill sampai Agutus 2023, meski tidak ada tanggal yang spesifik dan jaminan bahwa tidak akan diperpanjang lagi.

SVP Corporate Secretary Waskita Karya Ermy Puspa Yunita mengatakan penundaan tersebut dikarenakan saat ini perseroan sedang dalam proses peninjauan ulang kesepakatan restrukturisasi atau  master restructuring agreement (MRA).

“Saat ini perseroan sedang dalam masa standstill yang menerapkan equal treatment kepada seluruh kreditur dan pemegang obligasi nonpenjaminan,” ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu (17/6/2023).

Standstill merupakan bentuk optimal dari perlakuan yang sama (equal treatment) kepada kreditur dan pemegang obligasi penjaminan. Bila satu kreditur tidak dibayar maka semuanya tidak dibayar. Sikap ini akan memberikan waktu bagi perusahaan dalam melakukan pencadangan kas untuk aktivitas operasi.  

“Ini dalam rangka proses review secara komprehensif terhadap skenario modifikasi MRA yang diperkirakan selesai hingga Agustus 2023" ujar.